Senin, 24 Agustus 2009

Hubungan Ideal Antara Orang Tua dan Anak

Banyak macam hubungan antara orang tua dan anak di kehidupan ini. Semakin modern, semakin bermacam-macam contoh hubungan mereka. Anak yang jaman dulu sangat patuh dan hormat kepada orang tuanya, sekarang kedudukannya semakin mendekati kedudukan orang tuanya. Para anak mulai tidak patuh dan sok menggurui orang tuanya. Dan ini bukanlah contoh yang ideal dalam hubungan antara orang tua dan anak.

Menurut saya. tidak hanya para anak yang bermasalah. Kadang-kadang, orang tua juga terlalu mengekang ataupun terlalu cuek kepada anaknya, yang membuat sang anak jadi pemberontak. Maka dari itu, para orang tua dan anak harus saling instrospeksi diri, tidak boleh hanya menyalahkan.

Para orang tua, sebagai panduan sang anak, harus memberikan perhatian yang cukup kepada anak-anaknya. Tetapi, tidak boleh terlalu protektif juga, karena secara tidak langsung itu bisa membuat sang anak mencari jalan keluarnya sendiri, seperti dengan berbohong. Tidak ada orang tua yang mau dibohongi bukan?

Anak sendiri juga harus menghormati orang tuanya, tanpa melihat keadaan mereka. Jika orang tuanya kurang mampu, kurang berhasil ataupun kurang membanggakan, anak harus tetap menghormati, menyayangi dan mengasihi orang tuanya.

Dengan saling menghargai, tentu sebuah hubungan yang ideal dan bahagia akan tercipta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar